Sunday, June 26, 2011

Music Hip-hop Indonesia

Musik hip-hop dengan menggunakan bahasa daerah atau mengusung unsur kedaerahan semakin berkembang di bumi Indonesia  dengan lahirnya grup Hip-hop  Jogja Hip hop foundation, Sundanis, Molukka Hip-hop, dan lain sebagainya

Lagu "Fakfak Kotaku" yang dinyanyikan oleh  D'javu adalah merupakan salah satu bukti perkembangan musik hip-hop di Indonesia, khususnya di Kota Fakfak.

Berbicara tentang budaya hip-hop sebetulnya melibatkan unsur yang terdiri atas MCing (lebih dikenal dengan rapping), DJing, Breakdance, dan Graffiti. Belakangan ini, elemen hip-hop juga diwarnai oleh beatboxing, fashion, bahasa slang, dan gaya hidup lainnya. Namun kali ini pembahasan akan berfokus pada musik rap.
Di Tanah Air, cikal-bakal musik rap di lingkungan kaum muda mulai memasyarakat sejak kemunculan Iwa K. pada era awal 1990-an. Padahal Iwa sendiri mengaku terinspirasi oleh legenda Betawi, Benyamin Sueb, dan si tambun asal Sukabumi, Farid Hardja.

Berikut ada artikel menarik tentang perkembangan musik hip-hop di Indonesia yang kami ambil dari  Koran Tempo Online edisi tanggal 26 June 2011, Silahkan kilk HMS-Pages from tempo_20110626untuk  download pdf f ilenya (733 Kb)

No comments: